Review All New Jazz RS Automatic 2014

All New Jazz
Honda Jazz merupakan produk honda yg paling sukses penjualannya dari honda honda yg lain. dari 12 tahun kemunculannya mobil ini mencatat penjualan 5juta unit di seluruh dunia yg artinya setiap 75detik sekali akan menemui konsumen barunya di suatu tempat di permukaan bumi ini. dan honda jazz yg akan kami bahas di sini adalah honda jazz generasi ke-3 alias generasi paling baru yg baru saja di luncurkan di tahun 2014 ini.

Honda All New Jazz melakukan perubahan yg cukup radikal di generasi ke-3 ini. kita bisa lihat sekarang dia sudah memakai ciri khas honda di bagian depan yaitu grill yg besar dan tegas kemudian dg lampu yg sipit dan lampu ini jg di lengkapi HID untuk lampu utamanya tp memang lampu besarnya masih menggunakan lampu biasa yg berwarna kuning. tapi setidaknya ketika berkendara dg lampu utamanya akan terlihat berwarna putih yg terlihat lebih bagus di waktu malam hari.

Kemudian pada sisi bawah pada bagian lampu kabut (fog lamp) kita akan melihat di sebelahnya terdapat pula lampu yg serupa dg DRL (Daytime Running Lights).. namun lampu tersebut bukan DRL melainkan hanya lampu senja saja yg akan menyala pada saat tombol lampu di bagian kemudinya di ON kan. kemudian ada emblem RS yg cukup tegas dg warna merah di bagian grill, ini adalah tipe tertinggi dg harga pada saat kami lakukan pengujian adalah Rp.248jt, sedangkan selain tipe RS ada pula tipe A yg paling standar dan juga tipe S. tiga varian tersebut di bandrol dg harga yg masih sangat mirip dg jazz generasi sebelumnya.

Tipe RS sudah di lengkapi side skirt di body samping yg membuatnya tampil lebih sporty. kemudian terdapat spion dg sein di samping serta ban 16 inch. Ban yg di gunakan memang berukuran 16 inch, tapi dia tidak terlalu lebar dan hanya berukuran 185,55R16 yg artinya new jazz masih cukup efisien untuk di kendarai di jalan raya. Satu hal pada roda belakan all new jazz yg mungkin akan membuat kecewa para penggemar jazz waktu pertama kali melihatnya, yaitu kalo sebelumnya honda jazz menggunakan rem cakram pada roda belakangnya, dan pada honda new jazz ini mereka hanya menggunakan rem tromol di bagian roda belakang. tapi di lain sisi rem tromol membuat harga dari mobil ini bisa lebih kompetitif sehingga harganya tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya dan sebetulnya rem tromol itu hanya buruk di pakai bila untuk keperluan balap mobil yg membutuhkan pelepasan panas secara cepat. Tapi pada saat kami mengetesnya di jalan raya rem tromol ini tidak terasa mengganggu sama sekali ketika berkendara di jalan normal. Performa pengeremannya pun bahkan pada saat dingin itu lebih baik dari rem cakram sehingga utk pemakaian normal rem tromol tidak ada problem sama sekali, kecuali bila anda akan menggunakan mobil ini untuk keperluan balap maka rem yg di gunakan ini tidaklah sebaik yg di gunakan pada honda jazz generasi sebelumnya.

Perubahan yg paling extreme dari new jazz adalah pada lampu belakangnya yg sepintas bentuk lampunya tersebut terlihat mirip Volvo c30, Volvo xc60 dan kemudian emblem RS tampil jg di bagian belakang serta utk tipe RS ini terdapat spoiler yg cukup besar sehingga menimbulkan nuansa yg lebih agresif. kalo kita bisa liat dg lebih teliti di bagian belakang maka kita tidaklah melihat adanya sensor parkir maupun kamera parkir walaupun di tipe tertingginya. mungkin hal ini agak sedikit mengecewakan karena di honda mobilio saja sudah terdapat sensor dan kamera parkir.

honda jazz generasi ke-3 memiliki mesin 1500cc dg tenaga 120dk. dan untuk tipe transmisi automatic mesin new jazz akan di kawinkan dg gearbox baru berteknologi cvt yg lebih smooth dan lebih efisien di jalan. satu hal yg paling menyenangkan dalam honda jazz adalah akomodasi penumpangnya, apalagi generasi terbaru ini memiliki wheelbase 30mm lebih panjang yg membuat penumpang di belakang semakin lega pada ruang kakinya, head roomnya sendiri juga semakin memadai dan kursi bisa di atur kerebahannya sesuai dg keinginan anda. dan untuk keamanan penumpang belakang honda jg menyediakan seatbelt 3 titik yg dapat mengcover 3 penumpang sekaligus.

Kemudian pada new jazz ini memiliki konfigurasi ultraseat yg sangat praktis, kita bisa melipat bangkunya secara rata dg muda sehingga bagasinya yg sudah cukup luas akan bisa bertambah lebih luas lagi dari kelas mobil hatchback yg ada. Pada bagian kemudi disainnya berubah menjadi lebih dewasa tapi memang dg material yg tetap keras seperti sebelumnya. kemudian panel AC masih menggunakan pengaturan konvensional. Sistem audionya menggunakan LCD dg display 2din dan dia jg bisa di hubungkan ke gadget untuk keperluan pemilihan musik yg ada di dalamnya. Sayangnya belum di lengkapi dg sambungan bluetooth untuk menyambungkan telepon anda ke audio dari mobil ini. 

All New Jazz memakai kunci model keyless smartkey sehingga anda tinggal mengantongi kuncinya dan mesin bisa di nyalakan dg hanya menekan tombol START/STOP yg berwarna merah di dashboard. Sedangkan utk tipe RS anda akan mendapati speedo meter dg emblem RS yg cukup besar di tengahnya sehingga menimbulkan kesan lebih spesial dari tipe tipe lainnya. Terdapat pula sensor eco green yg di gambarkan dg indikator lampu hijau dan merah untuk mengetahui apakah cara mengemudi anda sudah mendapatkan kategori hemat (eco) atau tidak.. dari generasi ke-2 hingga yg terbaru saat ini honda jazz memiliki kaca depan yg landai sehingga honda memberikan keamanan khusus pada pilar pilar depan menyerupai huruf A yg kokoh.

Dari segi impresi mengemudi new jazz, khususnya pada transmisi automatic yg mengadopsi sistem CVT yg lebih baik dari honda jazz karena memiliki tarikan yg begitu enteng.. perbedaan yg terasa dari new jazz ini adalah bantingan suspensi yg lebih lembut dan bisa di bilang paling empuk dari 2 generasi jazz sebelumnya. Dan cvt pada new jazz ini juga cukup akomodatif dan responsif, hasil pengujian kami 0km sampai 100km/jam tuntas dalam 10,1dtk dan itu adalah sangat cepat bahkan menjadi figur yg paling cepat utk mobil hatchback 1500cc dg transmisi Automatic. Kalo pun anda ingin memiliki rasa pengendalian yg lebih sporty dari mobil ini maka anda selalu bisa mengunakan paddle shift di kemudinya anda tinggal memasukan gigi ke posisi S kemudian pencet salah satu tombol paddle shiftnya. satu yg cukup menyenangkan dari new jazz ini adalah lampu sein sama seperti mobil eropa memiliki triple turn signal, jadi ketika anda memindahkan tuas sein setengah maka otomatis lampu sein akan menyala 3x. dalam segi keiritannya honda jazz mempunyai reputasi mobil yg sangat hemat tidak terkecuali pada generasi ke-3 ini. karena dari hasil tes kami di dalam kota mobil ini sanggup mencatat 13km/liter sedangkan di rute jalan TOL mencatat 17,2km/liter. dan bahan bakar yg di rekomendasikan utk mobil ini adalah pertamax dg oktan minimal 91.

Sekian review honda all new jazz dari kami, semoga bermanfaat!
Review All New Jazz RS Automatic 2014 Review All New Jazz RS Automatic 2014 Reviewed by zaki nadzar on September 11, 2014 Rating: 5

No comments

Latest in Sports