Honda Segera Pamerkan Satya Bertransmisi CVT

Kita mungkin telah mendengar berita mengenai peluncuran mobil Honda Brio RS baru dan akan datang untuk pasar Indonesia, yang rencananya akan dipamerkan bersama Continuous Variable Transmission (CVT) andalan mereka. Namun menurut lansiran pabrikan, teknologi CVT revolusioner tersebut juga akan digunakan untuk Honda Brio Satya yang dijual pada segmen LCGC di Indonesia.

Hal ini tentunya merupakan titik balik yang menarik dalam segmen khusus tersebut, karena belum ada pabrikan yang menawarkan mobil ramah lingkungan beranggaran rendah dengan girboks CVT, sehingga tentu saja bakal menjadikan Brio Satya sebagai pesaing tertangguh. Bila membahas mengenai segmen LCGC di Indonesia, Brio Satya saat ini tengah bersaing dengan berbagai model, meliputi Datsun Go+ Panca, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R. Menariknya, tidak satupun diantara mereka yang menyematkan transmisi otomatis, apalagi CVT.

Berita tersebut kini telah terkonfirmasi melalui portal online untuk Kementerian Pendaftaran Kendaraan Bermotor, dan Honda Prospect Motors memang jelas-jelas mendaftarkan model Brio Satya dengan girboks yang telah disebutkan di atas.

Honda Brio Satya
Honda Brio CVT
Pasar Indonesia, seperti yang telah diketahui, telah mengalami gejolak semenjak kemerosotan ekonomi pada tahun 2013, dan akhirnya berujung pada keluarnya beberapa merek terkemuka karena rendahnya angka penjualan kendaraan mereka. Merek lainnya juga terpaksa harus menghadapi beberapa masalah berat karena mereka tidak dapat memfokuskan diri dan mengikuti tren otomobil terkini di pasar dunia, yang memang sangat dikendalikan oleh keinginan pelanggan.

Kehadiran lineup Honda di segmen LCGC ini tak ayal telah membuktikan komitmen merek Jepang tersebut untuk memenuhi kebutuhan otomotif di negara-negara Asia Tenggara. Saat ini Brio Satya dijual hanya dengan girboks manual 5-percepatan, sehingga pemakaian bahan bakarnya diakui tidak terlalu efisien bila harus menghadapi kondisi jalan padat dan macet.

Anda mungkin sering bertanya-tanya, mengapa pabrikan lain tidak berpikir untuk menyematkan kendaraan LCGC mereka dengan transmisi otomatis, karena akan memberikan efisiensi yang cukup berarti untuk konsumsi bahan bakar dalam lalu lintas kota yang padat, meskipun lebih buruk bila di jalan bebas hambatan. Namun faktor utama yang cukup membawa dilema bagi segmen LCGC ini adalah bandrolan harganya, yang diatur oleh pemerintah dengan kisaran antara Rp 50 juta hingga Rp 85 juta.

Meskipun semua kendaraan dalam bagian ini dibekali dengan mesin bersistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik dan mampu mempersembahkan jarak tempuh yang mengagumkan, namun penggunaan girboks manual juga diakui dapat membatasi kinerja mesin dalam kondisi lalu lintas macet. Hal ini berarti bahwa, meskipun Brio Satya menjejali dirinya dengan transmisi CVT asli besutan mereka namun tidak akan mendongkrak harganya dan model ini akan ditawarkan dengan spek harga yang sama berdasarakan aturan segmen LCGC yang berlaku.

Pabrikan ini juga baru saja mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya 20 kmpl namun bervariasi untuk kondisi lalu lintas yang berbeda. Transmisi variabel berkelanjutan ini tak hanya menyebabkan pengendaraan sehalus mentega, namun juga mampu mengoptimalkan konsumsi bahan bakar kendaraan.

Transmisi baru ini sepertinya akan dioperasikan untuk Satya E, yang menyematkan mesin 1,2-liter i-VTEC dan mampu menghasilkan sekitar 87 bhp @ 6000 rpm dengan torsi 109 Nm @ 4500 rpm. Penyematan transmisi canggih ini memang tidak hanya menunjukkan kemampuan Honda motors dalam beradaptasi dengan kebutuhan pasar Indonesia, namun juga berhasil menunjukkan komitmen mereka dalam menciptakan kendaraan mumpuni, terlepas dari ketentuan harga yang membatasinya.

Honda Segera Pamerkan Satya Bertransmisi CVT Honda Segera Pamerkan Satya Bertransmisi CVT Reviewed by zaki nadzar on February 24, 2016 Rating: 5

1 comment

  1. sangat tepat jika Honda mengadopsi CVT pd BRIO. Selain meningkatkan different value dibanding pesaing jg bs meningkat penjualannya. mantab!!

    ReplyDelete

Latest in Sports