10 Hal Perusak Cat Mobil Anda

Mobil memang tampak kuat, tapi warna yang melapisi bagian luar mobil sebenarnya merupakan elemen yang cukup sensitif. Setiap hari, mobil berhadapan dengan berbagai kondisi yang dapat merusak cat luar mobil. 

Guna mengantisipasinya, berikut ini daftar 10 hal yang dapat merusak car mobil:

1. Serangga
Serangga pada mobil
Serangga kecil yang berterbangan di udara bisa menjadi salah satu hal yang dapat merusak cat mobil. Serangga itu bisa membawa asam di tubuh mereka yang dapat membuat cat mobil menjadi memudar.

Asam ditemukan dalam darah dari serangga, itulah yang dapat secara permanen merusak mobil. Perlu ada perawatan khusus untuk menghilangkan asam dari mobil yang disebabkan oleh serangga.

2. Getah pohon
Getah pohon dapat menempel di bagian luar mobil dan dapat meninggalkan noda yang merusak cat mobil. Getah dapat bereaksi dengan permukaan cat mobil dan meninggalkan bekas pada cat.

Kita tidak apat menghilangkan getah tersebut hanya dengan membilasnya. Perlu penanganan spesial seperti melakukan polishing atau menggunakan clay bar.

3. Telur
Telur mentah yang menghantam bagian luar mobil tampak tak berbahaya namun ternyata bisa berakibat kurang baik bagi cat mobil. Putih dan kuning telur merupakan bahan yang asam dan dapat merusak lapisan cat mobil. Bagian kulit telur juga dapat menggores cat mobil.

4. Es
 Es yang melapisi mobil
Jika mobil ditinggalkan di tempat terbuka dan cuaca sedang bersalju maka bisa berisiko merusak mobil. Salju memang tampak lembut namun jika sudah mengeras menjadi es di udara yang sangat dingin tentunya akan berdampak tidak baik bagi mobil.

5. Aspal
Aspal cair bisa tanpa sengaja mengenai mobil. Jika dibersihkan dengan paksa maka bisa ikut menghilangkan bagian cat mobil. Penanganan spesial diperlukan sehingga aspal benar-benar dapat dihilangkan tanpa merusak bagian cat mobil.

6. Kotoran burung
Kotoran burung sebenarnya tidak berbahaya bagi mobil, namun jika ditambah dengan sinar matahari yang panas maka akan menjadi sumber yang merusak. Ahli merekomendasikan untuk menghilangkan kotoran burung menggunakan kain basah.

7. Bensin
Bensin yang seharusnya menjadi bahan bakar mobil kadang tanpa sengaja mengenai bagian cat mobil. Bensin dapat menguap namun meninggalkan bekas dan merusak bagian cat mobil. Membersihkan bensin pada mobil tidak terlalu sulit dan jika mobil telah di-wax maka akan lebih terlindungi.

8. Makanan
Makanan bisa bermacam-macam, yang berbahaya yaitu makanan yang mengandung asam. Kopi dan minuman ringan kebanyakn mengandung asam dan akan merusak cat mobil jika tidak dibersihkan dengan tepat.

9. Debu
Debu pada mobil
Debu seringkali menjadi hal yang tak bisa dihindari dari bagian luar mobil. Jika dibersihkan dalam keadaan kering maka dapat merusak bagian cat mobil. Membersihkan mobil dengan air dan bahan yang lembut akan membantu menghilangkan debu tanpa merusak cat mobil.

10. Krim
Krim untuk mencukur yang mengenai bagian cat mobil dapat menyebabkan warna cat menjadi memudar, terlebih jika dibiarkan terlalu lama. Cara menghilangkannya yaitu dengan menggunakan air dan pembersih mobil sampai benar-benar tak ada yang tersisa.

Artikel Oleh : Majalah Online Otomotif
10 Hal Perusak Cat Mobil Anda 10 Hal Perusak Cat Mobil Anda Reviewed by Handi Cahyono on October 07, 2016 Rating: 5

No comments

Latest in Sports